Cara Mudah Membuat Speaker Aktif Sederhana


Assalamualaikum wr.wb
Postingan kali ini admin akan bagikan sedikit pengalaman tentang cara membuat speaker aktif sederhana. Saking sederhananya orang yang tidak terlalu pintar dalam bidang elektro juga bisa membuatnya kayak admin ini hehehe...
Oke bahan - bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
1. IC TDA 7056 ini gambarnya


2. Potensio atau komponen yang biasa untuk volume ukuranya bisa 1 K sampai 20 K kalo admin pakai yang 20 K
3. Jack Stereo yaitu untuk input audionya gambarnya seperti ini agar inputnya dari hp maupun komputer


4. Speaker ukuran bebas tapi disarankan 8 Ohm
5. Baterai 3 volt
6. Peralatan solder menyolder

Oke kalo alat - alat sudah kumpul sekarang panaskan solder dan lihat skema di bawah ini untuk panduan menyambung semua komponen di atas




Baca juga cara membuat box speaker menggunakan kertas
Cara menghubungkannya adalah ujung speker di sambungkan dengan kabel ke kaki IC TDA pin 6 dan 8, Lalu untuk Tegangan 3 voltnya di hubungkan dengan pin 2(+) dan pin 4(-)/ground dan pin 7 (-)/ground sedangkan untuk potensiometernya kaki tengah di sambungkan dengan pin 3 IC TDA dan kaki pinggir kiri ke ground/pin 4 dan kaki pinggir kanan untuk input Audionya.
Hasilnya bisa dilihat di video berikut


Bagaimana mudah kan?
Kalau sobat gunakan speaker ini di komputer, biar lebih mantap suaranya sobat bisa mengatur equalizer speakernya
silahkan dicoba, semoga berhasil
wassalamualaikum wr.wb

153 komentar:

Sunarya Suci said...

bisad carger ga boss

iman jayoda said...

Mungkin kalau yg digunakan baterai yg memang ada cargernya seperti btrai tamiya itu bisa. .
Thnx dh brkunjung. .

Sunarya Suci said...

kalo membuat komponen biar bisa langsung charger batery di dalam nya biar ga copot2 baterai om........ gimana tu

Sunarya Suci said...

kalo pake speaker dua buah bisa ga om
suaranya oke ga.

Sunarya Suci said...

kalo pake speaker dua buah bisa ga om
suaranya oke ga.

Sunarya Suci said...

kalo membuat komponen biar bisa langsung charger batery di dalam nya biar ga copot2 baterai om........ gimana tu

iman jayoda said...

kalo pake dua speaker bisa tapi suaranya tetap mono karena ICnya hanya 1 channel

iman jayoda said...

belum pernah coba itu gan...

Dayan mardana said...

saya sudah coba om tapi kok suara a kecil bngt ea, pke carger hp.

Dayan mardana said...

saya sudah coba om tapi kok suara a kecil bngt ea, pke carger hp.

iman jayoda said...

kalau suaranya kecil coba potensionya diputar mas, atau mungkin ada kabel yang selain saya beri titik hitam itu nempel satu sama lain.

Oky Mikhael said...

Kenapa inputnya ada 2 ?

iman jayoda said...

karena hanya 1 chanel (mono) jadi inputnya 2 kabel beda kalo stereo inputnya 3 kabel

sahrul nur fadilah said...

Gan speakernya harus berapa watt? Saya coba pake speaker 8ohm 5watt suaranya sember kasar kalau potensionya d full in tapi kalau d kecilin suaranya jernih, yang saya mau suaranya besar tapi jernih gmna itu gan ? Apa pontensionya harus d ganti karna terlalu besar nilainya? Saya pake yang 20k .
Mohon penverahannya gan, saya baru masuk jurusan elektro kelas 1 smk lagi masa" mencoba :D

iman jayoda said...

iya mas sahrul biar suaranya tidak sember ketika potensio di besarin pake tegangan 3 volt atau baterai abc kecil disusun seri. semoga berhasil mas :)

sahrul nur fadilah said...

Saya udh coba pake casan yang 5volt terus saya coba pake baterai 4,5 volt terakhir saya coba pake baterai 3volt masih tetep sember gan, gmna ya itu gan ? Emang speker yang d sarankan berapa watt ? Saya coba searching ic tda 7065 d sarankannya 3 watt tapi masih tetep sember gan, atau mungkin akibat penyambungan antara ic dan potensionya saya pake kabel? Karna saya pakai pcb matrik biar gampang gk usah d larut hehe :))

iman jayoda said...

kalo spaker yg saya gunakan ukurannya 8 ohm 10 watt, saya jg sama pake pcb yang berlubang. oiya mas pake ic tdanya yang 7065 atau 7056 ?

sahrul nur fadilah said...

Ohh iya mas salah ketik ic tda 7056, ohh iya mas saya akan coba pake speaker yang man sarankan, terimakasih mas untuk infonya

Alfha Rizi said...

Mas Itu pengaturan suaranya bisa pake bass treble ga Kaya Di iC tda2030
coba postingkan Membuat speaker aktic dengan tda 2030

faris rasyid said...

mas saya sudah coba pakai mic tapi suaranya keresek keresek

iman jayoda said...

Kalau speaker yang saya buat itu masih sangat sederhana jadi belum ada pengaturan bass dan treblenya. kalau mau belajar pake tda 2030 bisa ke blognya mas awi nih linknya http://awipunna.blogspot.com/2011/02/skema-power-amplifier-tda2030.html

iman jayoda said...

pake mic apa mas ? saya malah belum pernah tak coba pake mic..

Alfha Rizi said...

mas kira abis dana berapa

iman jayoda said...

kira kira 32000an...

pudin said...

gan itu IC nya apa gak perlu tambahan komponen lain? ato cukup IC aja

iman jayoda said...

Cukup pake IC sama potensio aja gan

Alfha Rizi said...

mas Kalo Potensio pake yg lebih besar dari 20k Kualitas suaranya makin bagus apa sember tolong beri penjelsannya

iman jayoda said...

ya gak papa sih cuma muternya jangan full dikit saja, terus kalo pengalaman, saya pake yang 20k dan tegangan 3 volt suaranya bening dan tidak sember

andrian akbar Maulana said...

harga ic tda 7056 kira kira brapa mas

iman jayoda said...

kalau di tempat saya harganya sekitar 10-15 Ribu

herzha putra said...

caranya gmn pasang kabel jack yg bener? soalnya di potensio cmn ada2 sedangkan didalem kabel jacknya ada 3 mana yg hrus dihubungin ke potensionya? maaf ane masih pemula

iman jayoda said...

yang dihubungin ke potensionya kabel jack yang bagian tengah sama pinggir saja

Dedi Hidayat said...

Maf mas jack buat ke hp yg di sambungkan yang tengah ama pinggir atas atau bawah,

iman jayoda said...

kalo saya yang tengah sama pinggir atas tak gabungin jadi satu terus yang pinggir bawah sendiri jadi nanti kablenya 2

Dedi Hidayat said...

Grund nya swndiri yg lain d satuin yah om,!
Saya baru mau mulai n om, apa ada perbadeaan potensio yg type A ama B soalnya saya beli yg type B, untuk speaker kan 8 ohm 10 watt bagus nya yang berapa inci, pas sampe toko elektronik di tanya nya gtu, malah binggung, maff kalo banyak tanya,

iman jayoda said...

saya jg kurang tahu potensio yang tipe a atau b yang penting potensio yang kakinya 3 biar sesuai sama gambar diatas

Dedi Hidayat said...

Iaom yg b, itu buat ukuran spekernya berpa inci,! Soalnya binggung ada banyak dari 2 sampe 10 inci,!

Dedi Hidayat said...

Gan untuk spekar gede nya berapa inci? Maf bayak nanya,

Dedi Hidayat said...
This comment has been removed by the author.
iman jayoda said...

Terserah sih gan, tapi sekedar saran aja gunakan baterai atau tegangan 3 volt karena kalo lebih maka suara speaker tidak maksimal dan sember (pengalamn pribadi)

Dedi Hidayat said...

Ia om ta coba deh, saya pake sumber daya dari casan hp om, thnx saranya,
Tar klo masih binggung saya tanya lagi, wkwkwkw

sirine polisi said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Dedi Hidayat said...

Om maf banget,
Saya dapet nya speker ukuran 6 ohm tp yg 20 watt,!!! Itu entar buat suaranya gmna om,?
-Apakah hasilnya guud atau kurang jossss,?
-Apakah ada komponen yg perlu di ganti atau kah d tambah,?
Terima kasih banyak,

iman jayoda said...

segitu g papa om gk terlalu pengaruh

Despri Ginting said...

min maaf. saya masih belum tau nih,, kalo ic tdanyaa beli dimana min?

iman jayoda said...

Kalo saya beli di toko elektronik, hargaya berkisar 10 - 15 rb

Dedi Hidayat said...

Tp suaranya jadi sember om,?

iman jayoda said...

Coba pake tgangan 3 volt mas biar stabil suaranya

Dedi Hidayat said...

Saya pake casan hp om buat input power nya,!!!
Klo volume ½ sih ok, tp klo lewat itu sember om hasil nya,!

iman jayoda said...

pake casan hp yang 3 volt mas

Dedi Hidayat said...

Ia om,! Pake casan hp yg 3 volt 500mAh

iman jayoda said...

masih sember juga suaranya ?

Dedi Hidayat said...

Ia om,! Binggung, klo misalkan pake spwker yang 3.5 ohm 2 pcs gmna bisa ga,?

iman jayoda said...

kalau gak jangan pake carger hp tapi pake batu baterai abc aja...
kalo pake 2 speaker bisa tapi suaranya gak stereo soalnya icnya model mono

Edi hebron IX.2 said...

Mas saya udh cba buat tpi gk mau idup

Unknown said...

mas saya sudah buat tpi suaranya kok berdengung dari spekernya

Yudis Tira said...

mas saya sudah buat tpi spekernya kok berdengung ya mas

iman jayoda said...

Cek pada bagian kabel yang ke baterai brngkali terbalik atau ada soderan yang ke kaki IC longgar

ahmad khairudin sidik said...

gan potesio nya emang harus mke yang 20 k paling tinggi ...?
yng 50 k boleh gak gan
trus klo batre 9v bisa gak gan

iman jayoda said...

boleh aja tapi kalo pake baterai 9 volt maka ic akan panas dan mudah rusak pake tegangan 3 volt aja mas

ahmad khairudin sidik said...

owhhhh ya gan maaf mau nyanya lg nih
ic no 4 sama 7 di tempuk yah gannnn?
trus klo make btre ABC kan cuman mempunyai 1,5 V dua batre cukup gak gan?
klo make carger hp tu maksudnya gmna gan?

iman jayoda said...

iya itu yang saya kasih tanda kotak hitam itu artinya di tumpuk atau di solder. untuk baterai pake 2 buah saja yang 1,5 volt

Unknown said...

Klo pakek setrum langsung bisa gc

Singo Sore said...

Itu klo lansung pakek listrik bisa kagak

iman jayoda said...

setrumnya berapa volt ? kalau pake rangkaian seperti diatas tegangannya 3 volt kalau lebih dari itu mungkin harus menambah komponen lagi

iman jayoda said...

kalo pake listrik langsung dari stop kontak gk bisa, nanti malah konslet, karena rangkaian ini bertegangan rendah

anovry dicky said...

berarti rangkaian ini bisa buat muter file mp3 dari hp ya mas?

iman jayoda said...

bisa mas,

anovry dicky said...

kalau ic tda 7056 nya gak ada, bisa diganti sama ic yang lain gak?

iman jayoda said...

kalau pake ic lain bisa tapi rangkaiannya beda dan mungkin butuh komponen tambahan, kalau pake ic tda 7056 menurut saya rangkaian speaker aktif yang paling sederhana

ahmad khairudin sidik said...

gan saya rankai sudah tp gak bisa bunyi kpa yahhhh..
saya make son yang ukuran 5W yang kecilll...
apa harus make Yang 8W yang gede

Cenz said...

Kalau bikin yg stereo gmana bos?

iman jayoda said...

coba dicek lagi brangkali kutub - / + nya ke balik waktu masang baterainya

iman jayoda said...

kalau bikin yg stereo agak rumit mas sya jg blm bisa

Unknown said...

Mas kalau pake usb 5v 700mA dan potensio lebih dari 20k dan pakai potensio 50k bisa

ahmad khairudin sidik said...

ada no hp nya g gannn biar bisa lbh jlas

iman jayoda said...

ada di laman about gan

iman jayoda said...

bisa gan

Waluyo Agus said...

mas saya udah nyoba rangkaiannya, terus rangkaiannya saya pakein potensio yg 50k kok suaranya sember ya mas? terus kalo cuman pake IC doang pas saya kasih tegangan dari laptop IC nya malah cepet panas & IC TDA 7056 sama IC TDA 7056 A itu sama/ beda mas?

iman jayoda said...

iya mas ic tda 7056 kalo di beri tegangan lebih dari 3 volt memang akan panas dan sember suaranya, mending pake batu baterai aja yang 1,5 volt disusun seri. Kalo ic tda 7056 sama ic tda 7056a saya kurang tahu mas....

faisal nurhariyanto said...

Gan ini aman gak buat hp?

iman jayoda said...

aman gan

faisal nurhariyanto said...

Gan kalau pakai ic 7056B bagus gak gan

iman jayoda said...

coba aja dulu gan barangkali bagus :D

faisal nurhariyanto said...

Gan punya saya kok suaranya sember padahal sudah persis yang ada diatas.
Mohon penjelasanya.

iman jayoda said...

potensionya kecilan aja jangan di max

Zhidane Abizhar said...

Aslmualaiqum mas.moe tnya ni sya bwt tpi suaranya ko gk krs msh kuat hp a jd ap mslh a tt mas.?

iman jayoda said...

potensionya coba dimaksimalkan mas

Zhidane Abizhar said...

Oh .ya mas mksh bnyk ya info a sngt mmbantu. Ntr sya cbk bongkar lg mas.

Anonymous said...

mas admin,... coba hasilnya dibuatkan videonya,.biar kita sama-sama mendengarnya,...trimakasih

iman jayoda said...

siap gan insya allah nanti tak bikin video hasilnya

Sanjaya Cahyadi said...

Kalo buatnya stereo gimana bos ? Kan kalo mono lagunya jadi sumbeng. Ga ada kanan kirinya bos .

Saya pengen buat yang bisa stereo.

iman jayoda said...

kalau yg stereo sya belum pernah bikin, dan mungkin beda IC dan beda komponennya jg

Rizki Bagas said...

mas tda yang lain seri apa yang bisa saya cari tda 7056 nggak ada

Nadhira Gunawan said...

mas, ada foto cara buatnya gak? atau hasilnya? makasih

Dhani Ramadhan said...

mas harga potensionya kalo di pasaran berkisar berapa ya????

iman jayoda said...

kalo di kota saya harganya 3500

iman jayoda said...

sudah saya upload gan silahkan di lihat di postingan

Aldi Belar said...

Gan klw ic TDA nya pke 2 bisa gak

iman jayoda said...

kayaknya gk bisa gan

aris Spn said...

kalau pakai spiker 150 watt 8 ohms bisa gak bos

iman jayoda said...

bisa

Hadi said...

rencana mau bikin ni mas,,
gmn suaranya mas,,,ap gak klah kenceng kaya music box /musik angel gitu

Hadi said...

hasil nya klo smpurna,,kencang g ni mas,,ap g klah kya musik box gitu

iman jayoda said...

play dulu video ada di postingan mas hasilnya seperti itu

Kiki said...

Buat agan agan semua yang mau coba buat pake ic tda 7056 jangan yang pake yang ada buntut nya. jenis ic tda 7056 ada banyak yang ada buntutnya kayak tda 7056 at atau yang lain .saya pernah buat dan beli ic nya di toko elektronika ada banyak jenisnya.

iman jayoda said...

terimakasih sarannya mas kiki

Achmad Rifai said...

Kalo potensionya di kasih 2 gmn?

iman jayoda said...

kalo menurut ane 1 aja cukup kok

yudha bimantara said...

Bang, saya udah buat, tapi gak ada suaranya, cuma suara kresek kresek dikit, dan saya beli ic tda 7056A ada A nya di belakang, bang tolong pencerahannya.

iman jayoda said...

coba pakai rangkaian yang ini mas https://sites.google.com/site/tinemqu/project/tda7056a-chipamp

Unknown said...

Baterai 9v nya bisa diganti kabel usb gak?

iman jayoda said...

pakainya bukan 9 volt tapi 3 volt, dan kalo pakai yang usb (5volt) icnya cepat panas

Prasetyanto Dwi said...

Kalo pake kabel usb + resistor bisa gak?

iman jayoda said...

belum pernah coba mas

steaven anshar said...

Pagi gan, saya mau nanya
batrenya berapa volt? kalau pake batre panasonic lead acid 6v 4,5 Ah bisa ga?
kan rangkaian di atas pake 1 speaker, kalau bikin pake 2 speaker gmn ya?

tnx gan.

iman jayoda said...

pagi juga mas steaven, untuk voltasenya pake 3 volt karena kalau lebih dari itu ICnya akan panas

terus kalau dibikin 2 speaker tinggal diparalel aja tapi kualitasnya masih mono bukan stereo

Otong Majimbe said...

untuk speker brapa watt gan....

Otong Majimbe said...

gan, untuk rangkaian 1 dan 9 tu untuk apa gan kok gak dipakai

iman jayoda said...

saya pakai yang 3 watt

iman jayoda said...

saya juga blm tau mas fungsi pin no 1,5 dan 9 tapi untuk referensi bisa mas lihat disini http://www.datasheetdir.com/STA7056+Audio-Power-Amplifier

Anonymous said...

Mas kalo yang ic tda 2282 rangkaiannya ada nggak?
Soalnya cuma punya itu :D

iman jayoda said...

kalau ic tda 2282 saya blm pernah coba mas

nicodemus jemmy said...

Bisa ngebass kah mas

iman jayoda said...

menurut saya sih pas pas aja mas tidak terlalu ngebass tidak trlalu treble

Media Play said...

mas, klo menggunakan IC TDA 1011-1015, itu sama g mas(bisa buat bikin speaker aktif kagak mas)

Haris Hanafiah said...

Ini bisa untuk speaker AC ap khusus DC?

iman jayoda said...

belum pernah coba mas tapi kemungkinan beda

iman jayoda said...

untuk dc mas

Unknown said...

Mas saya ijin mau buat ya.
Soal nya disuruh dari sekolah :)
Saya komen dulu soal nya di proyektor ada tulisan imanjayoda.blogspot.co
Hehe

allexander geray said...

mas kalo boleh saya minta list ukuran komponen dong buat tugas sekolah saya mau ngelayout sendiri di sekolah tapi saya ga tau ukuran komponen nya

#saya_masih_smk

iman jayoda said...

iya silahkan mas :)

iman jayoda said...

Komponennya ic tda 7056, potensio 20K, speaker 8 ohm, baterai 3 volt, kabel 2 meter, papan pcb dan perlengkapan solder

cermin hati said...

Maksudnya di ground itu gmna yah gan??
Hehehe soalnya baru belajar
Terimakasih

Anonymous said...

Maksudnya ground itu di gimanain yah gan? Hehehe soalnya baru belajar gan ��
Terimakasih gan

iman jayoda said...

maksudnya ke tegangan (-) baterai

umam gaming said...
This comment has been removed by the author.
lutfi blogger said...

mas kalo pakek speaker 4 ohm 1 watt bagus gak mas?

saya punya 2 dan rencana mau saya pasang dua duanya apakah hasilnya bagus?

Iman Jayoda said...

bisa sih tapi suaranya gk stereo mas

ekha thea said...

Terimakasih atas postingannya mas..sangat bermanfaat..

iman jayoda said...

oke sama-sama mas

mf.munar said...

keren nih... lagi pengen nyoba buat,,,

iman jayoda said...

silahkan dicoba mas hehhe

panna gaul said...

Klo speker kekecilan jelas sember dan memekik ditelinga lebih baik besaran bisa jadi lembut tp lebih baik yang pas 8 ohm 10 watt,klo mau stereo bisa pake 2 IC di 1 PCB potensio boleh 1 yang kaki 6 groun boleh gabung input dan output masibg2 satu tapi kalo batrai h 3 volt gak bisa gabung kecuali PS.2 mono bisa jadi setereo.trims

iman jayoda said...

terimakasih mas sarannya

Fandi Aji said...

Punya agan itu pake nya baterai yah, tapi saya mau nya pake setrum rumah. itu g mana solusi nya gan?

iman jayoda said...

iya mas, kalo mau pake setrum rumah saya blm prnah coba tapi setahu saya butuh travo untuk menurunkan tegangan 220 volt AC menjadi 3 volt DC

bima sutha said...

Mau nanya mas...kalo inputnya dari bluetooth bisa ga ya...?
Makasih.

iman jayoda said...

kalau rangkaian ini belum bisa

Lexy Fernando said...

Permisi mas. Saya pngen coba tegangan pke 5v carger. Berarti harus diganti potensio ukuran brp?
Sama mau tnya lagi speaker 4ohm 5watt bisa pake rangakaian diatas?
Thanks gan...

iman jayoda said...

@ Lexy Fernando untuk tegangan 5 v saya pernah coba hasil tidak maksimal, IC cepet panas dan suara sember, kalo speaker kayaknya bisa semua

Adrian Ramadhan said...

Gan speaker saya 15 ohm bisa gak gan???

iman jayoda said...

Adrian Ramadhan : Bisa mas