Cara Mengatasi Wifi Laptop Tidak Bisa Mendeteksi Sinyal

Assalamualaikum wr.wb

Halo sobat selamat pagi....
Pernahkah laptop sobat mengalami trouble yaitu ketika wifi sudah aktif tetapi tandanya silang dan tidak bisa konek ke internet. Inilah yang baru admin alami ketika sedang browsing internet tiba-tiba laptop admin hang dan tidak bisa digerakan sama sekali akhrnya admin matiin paksa. Kemudian setelah dihidupkan lagi wifi laptop mendadak tidak berfungsi padahal posisi wifi sudah ON. Setelah admin coba coba perbaiki akhirnya bisa normal kembali. Berikut langkah-langkah perbaikannya:


1. Pastikan kita sudah berada di area hotspot karena jika kita diluar jangkauan hotspot berarti memang kesalahan pada si pemilik laptop hehehe

2. Kemudian pastikan juga wifi pada laptop sobat sudah ON cara menghidupkan wifi ada beberapa macam ada yang pake tombol Fn+F11 (pada laptop relion), menggunakan saklar yang ada di samping body laptop  dan juga bisa melalui windows mobility center, caranya masuk control panel - ubah menjadi large icon - pilih windows mobility center

Kemudian pilih turn wireless on


3. Jika cara ini belum berhasil sobat bisa menggunakan fasilitas troubleshooting pada windows. caranya masuk ke control panel ubah dulu menjadi category - kemudian pilih network internet - kemudian pilih network and sharing center. Pilih troubleshoot problems

Kemudian kita pilih network adapter kemudian klik next aja sampai selesai biasanya wifi akan normal kembali

4. Kalau cara troubleshoot tetap tidak bisa, coba sobat untuk menguninstall driver wifinya melalui device manager. Cara masuknya klik start - klik kanan pada Computer kemudian pilih manage setelah itu pilih device manager
Kemudian lakukan install ulang pada driver wifi yang bermasalah

Perlu diingat ketika menguinstall wifi jangan conteng pada delete the driver software for this device
agar ketika direfresh maka komputer akan menginstal secara otomatis


Setelah driver berhasil di uninstall kemudian kita coba refresh device manager dengan cara klik kanan 2 kali kemudian pilih scan for hardware changes
maka otomatis komputer menginstal driver wifi.

5. Kalau cara diatas belum berhasil juga cara terakhir yaitu dengan melepas wifi card pada laptop, lepas juga kedua kabel yang berwarna hitam dan putih. Kemudian bersihkan pin/kuningan wireless adapter menggunakan penghapus karet. Setelah itu pasangkan kembali kedua kabel hitam dan putih dan pasang juga wifi adapter ke slotnya seperti semula.


Demikianlah cara mengatasi wifi laptop tidak bisa mendeteksi sinyal. kalau pengalaman admin baru berhasil setelah menggunakan cara terakhir. Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum wr.wb

Post a Comment

247 Comments

  1. gan. kok laptop nyokap ane kgk bisa ya? udah ngikutin prosedur padahal

    ReplyDelete
  2. Cara yang terakhir udah ? lepas dulu wifi cardnya terus pasangin lagi, trus pastikan juga laptopnya terjangkau jaringan hotspot

    ReplyDelete
  3. Gan aneh baru update windows tapi setelah diupdate ga bisa konek internet dan wifi, trus udah nyoba restore system dan semua cara dari sini,tapi malah dibilang : A network cable is not properly plugged in or may be broken.
    Mohon bantuannya gan.
    Padahal sebelumnya ga kayak gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan aneh baru update windows tapi setelah diupdate ga bisa konek internet dan wifi, trus udah nyoba restore system dan semua cara dari sini,tapi malah dibilang : A network cable is not properly plugged in or may be broken.
      Mohon bantuannya gan.
      Padahal sebelumnya ga kayak gini.

      Delete
    2. kalo setiap main game online pasti signyal wifi langsung ilang kenapa tuh?

      Delete
  4. gan, abis ganti jadi windows 8 pas 2 hari pertama make wifinya langsung on pas laptop dinyalain. eh kemaren pas nyalain lagi wifi langsung silang. udah nyoba langkah 1-4 ttp ga bisa. yg ada cuma air plane yg bisa di on off-in. tpi wifi unavailable. itu caranya gimana ya gan. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba gan pake cara ini barang kali berhasil tekan windows + R kemudian ketik services.msc kemudian cari WLAN, kemudian klik 2 kali, pada startup type pilih automatic, atau kalau belum berhasil juga bisa pake cara yang kelima dengan melepas wifi adapternya

      Delete
    2. Makasih gan, udah coba step 1-4 ga bisa.. Pas ganti startup type WLAN wifinya udh bisa nyala lagi..
      Makasih gan, sangat membantu...

      Delete
  5. nice info nie mass padahal dah pusing buanget letpi nggk mau konek

    ReplyDelete
  6. Gan kalo gw abis install ulang ke win 7 gak bisa nyambung wifi tapi kalo ke win 10 bisa, jadi gimana?

    ReplyDelete
  7. Cek dulu drivernya gan sudh d install blum?

    ReplyDelete
  8. Saya mendapatkan masalah yang sm spt di atas gan. Sdh di coba semua cara gak jg mau on tombol wifinya maupun di windows mobility center gak terdeteksi wifinya. Mohon solusinya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek drivernya gan sudah terinstall belum ?

      Delete
  9. gan kok laptop ku gak bisa pake wifi terus pas di instal driver gak bisa . itu gimana ya ? minta solusinya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau agan punya cd driver bawaan dari laptop di pakai aja tapi kalau gak dapet pakai driver pack aja

      Delete
  10. Siang gan,..semua uraian di atas sdh ane coba,bahkan sampai ane install ulang tu lepi,tp kok tetep aja g conect(driver sdh ane install semua)
    Tinggal cara no 5 yg belom,..
    Dari w8 ane up ke w10,...mohon pencerahan gan,makasih...

    ReplyDelete
  11. Gan kalo yang di cara ke 4 ke centang, cara ngembaliinya gimana ?

    ReplyDelete
  12. Gamau nanya di laptop ane sinyal wifinya ada tanda seru,tapi sinyal wifi nya baik baik aja,malah lancar kalo di hp saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau wifi ada tanda serunya itu biasanya komputer sedang mendapatkan ip dari akses point, setelah komputer mendapat ip maka tanda serunya akan hilang sendiri

      Delete
  13. Gan yang di uninstall yang di step no. 4 itu broadcam 802.11n network adapter atau Microsoft virtual WiFi miniport adapter atau yang realtek PCIe FE family controller?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang broadcom 802.11 network adapter tapi ingat jangan di centang ya biar bisa install driver secara otomatis ketika di reboot

      Delete
    2. Kalau terlanjur tercentang gimana ya?

      Delete
  14. gan tetep ga bisa, sy coba cara no.5 pas sy buka ternyata kabelnya yg di wificard cuma 1 gan itu gmna? pdahal kmaren2 bisa tpi hri ini tiba2 ga bisa. mhon solusinya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kabelnya cuma satu ya gk papa soalnya beda2 tiap laptop, coba agan cek sekali lagi mengaktifkan wifi pake tombol kombinasi Fn / tombol fungsi di keyboard

      Delete
  15. sip gan makasih infonya main juga ke blog ane gan fahnik.com di tunggu gan

    ReplyDelete
  16. gan saya sudah nyoba cara tersebut, tapi masih tetap gambar wifi.nya tanda silang(x) gimana cara ngilangin.nya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba agan update driver wifinya atau gunakan driver pack

      Delete
  17. Gan kalau laptop gak bisa baca wifi tapi bisa baca hotspot dari handphone itu gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba hapus dulu profil wirelessnya yg ada di komputer, masuk ke network and sharing center kemudian pilih manage wireless network terus hapus profil ssid yang gk kbaca

      Delete
  18. Perlu diingat ketika menguinstall wifi jangan conteng pada delete the driver software for this device.

    gmna kalau tanpa sengaja kita centang, trus gmn cara mengembalikan seperti semula

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara mengembalikannya yaitu dengan menginstal driver wifi yang compatibel dengan laptop, untuk mempermudah pake aja driver pack

      Delete
  19. Aq gak nyentang langkah ke 4 Dan setelah di restart bisa, besok nya gitu lagi gak bisa baca WiFi, trus mau aku ulang lgi langkah2 nya Dan berhasil lagi (tanpa nyentang langkh 4), besok nya lagi gak bisa baca lagi, akhirnya aku coba lagi, eh ternyata adapter yg mau di uninstall gak ada, padahal gak nyentang sebelumnya. Gmn ya selain install lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba waktu di device manager, klik action kemudian pilih scan for hardware changes, atau perbarui driver wifi yang agan pakai

      Delete
  20. Maaf mau tanya gan, ini laptop saya pakenya windows 8 gabisa mendeteksi wifi padahal ada jaringan wifi. Ini kenapa ya? Mohon dibalas dan kasih tau caranya ya. Saya sudah pusing. Sudah saya bawa ke teknisi masih gitu terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang sering terjadi adalah lupa mengaktifkan wifi di laptop dan driver wifi yang bermasalah coba di update driver wifinya pake versi terbaru dan kalau masih belum bisa coba pake cara ke lima dengan mereplace wifi adapternya dan kalau agan memakai antivirus avast coba dimatikan dulu antivirusnya

      Delete
  21. Gan .. sinyal wifi nya tinggi ada tulisan connected di sampingnya tapi tetap ada tanda seru nya dan bacaan no internet access.. di klik network dan sharing center terus klik troubleshoot peoblems hasilnya "the DNS server isn't responding" udah coba ganti internet protocol version 4 nya jadi use the following dns server addresses 208.67.222.222 terus restart tetap aja ga bisa browsing dan ada tanda seru nya.. jadi harus gimana ni gan biar bisa conect ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika wifi ada tanda serunya kemungkinan penyebabnya adalah router akses point (hotspot) tidak terhubung ke internet, sehingga di laptop agan hanya konek ke jaringan hotspot saja tetapi tidak bisa untuk browsing, solusinya cari hotspot yang lain saja

      Delete
    2. dan kemungkinan lain adalah bandwith pada hotspot sudah penuh atau banyak yang memakai sehingga terjadi limited access

      Delete
  22. Kayanya gw harus nyoba jurus yg paling terakhir...

    ReplyDelete
  23. Pas saya lakukan cara nomor 4... Setelah laptop kembali install driver lagi... Tiba2 blue screen... Knp yah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu artinya driver yg agan install tidak cocok, untuk mengembalikannya restart komputer, ketika booting tekan f8 terus pilih last known good configuration

      Delete
  24. Kalau di bagian network adapter cuma ada "Qualcomm Atheros AR8152 PCI-E Fast Ethernet Controller" gmn min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu driver untuk lan atau wifi? kalau laptop biasanya ada dua satu untuk lan satu untuk wifi kalau driver wifinya belum ada coba agan install dulu, bisa pakai driver pack atau driver bawaan waktu agan beli laptop

      Delete
  25. Gan saya punya masalah,wifi saya ngga bisa detek hostpot,udah di coba tutorial dari agan tapi ttep ngga bisa detek,mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau driver udah ok dan wifi sudah on tpi gk detek coba bersihkan pin (kuningan) di wifi adapternya

      Delete
  26. Halo, laptop saya bisa detek wifi hp tapi ga bisa wifi kosan. Sya udah nyobain langkah d atas kecuali bongkar laptop bbrp kali tapi nihil. Why?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga, kalo laptop udah bisa detek wifi tapi gak mau konek coba sobat buka control panel - network internet - network and sharing center kemudian pilih manage wireless network, kemudian hapus profil/nama wifi kosan sobat, setelah itu conekan kembali semoga berhasil

      Delete
  27. thanks buat caranya, mutakhir banget

    ReplyDelete
  28. Apakah kemungkinan wifi card bisa rusak?

    ReplyDelete
  29. gan ko di laptop ane gaada wirellesnya ya?): ini laptop dulu lancar aja tp pas diinstall ulang jadi gabisa ngedetec wifi gaada wirelles wmc sama di network adapter juga gaada gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu berarti drivernya belum diinstal, karena kalo laptop diinstal ulang otomatis drivernya juga ke hapus, coba mas instal diver wlannya dulu

      Delete
  30. Thanks info nya gan sangat membantu dan bekerja dengan baik

    ReplyDelete
  31. Gan , kan setelah control panel pilih windows mobility center , nah pas saya klik , "Turn wireless on" unavailable , cara ngatasinya gimana? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pake tombol kombinasi yang ada di keyboard untuk mengaktifkan kalau gk coba cek bagian samping/depan laptop barangkali saklar wifi belum di on

      Delete
  32. keren gan informasinya sangat membantu sekali,
    ini gan kalau mau servis laptop,jual beli laptop dan cari sparepart laptop ada servis laptop jogja,jangan lupa kunjungi gan

    ReplyDelete
  33. gan laptop aku gak bisa mendeteksi wifi dirumahku tapi wifi lain terdeteksi cuma wifi dirumahku yang tidak terdeteksi, cara perbaikinya gmana gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dirumah, wifinya pake akses point apa? kalau pake laptop lain bisa terdeteksi gak ?

      Delete
  34. Gan pc ane gak ada windows mobility centernya bagaimana gan? Soalnya gak bisa deteksi wifi harus pake kabel LAN jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pake windows 7 keatas harusnya ada fasilitas mobility center
      njenengan pakeknya pc? pake wlancard atau pake usb wifi?

      Delete
    2. Wlancard ane gak tau gan. Ane baru mau beli wireless adapter. Kalo di coba pake troubleshoot hasinya keluar bacaan "an ethernet cable is not properly plugged in or might be broken"

      Delete
    3. owh jadi baru mau beli? wlan card itu sejenis wifi adapter tapi untuk pc masangnya di slot PCI kalau USB wireless itu bisa buat pc dan bisa buat laptop tinggal colokin aja ke port usb, instal driver trus udah siap dipakai

      Delete
  35. laptop saya gk bisa detek sinyal wifi, padahal udah deket ma hotspotnya,saya pikir ini mungkin ada driver belum terinstall, tolong di cek network adapter saya gan,, microsoft kernel debug network adapter, qualcom atheros ar956x wireles network adapter, realtek PCle family controller, selainya bluetooth.

    ReplyDelete
  36. sy gk bisa detek wifi, saya pikir ini mungkin ada drivernya blum terinstall ,tolong di cek network adapter saya gan, microsoft kernel debug network adapter, qualcom atheros **** wireles network adapter,realtek PCle GBE Family controller, selainya bluetooth,

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu udah ada gan yg qualcom atheros wireless network, sudah dipastikan on wifinya? untuk mengaktifkan wifi biasanya pake tombol fungsi pada keyboard atau pake sejenis saklar yang ada disamping body laptop

      Delete
  37. gan, Kalau Ad permasalahan " a network cable is not properly plugged in or may be broken ", gimana gan atasinnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu tandanya wifi di laptop belum aktif bisa juga driver wifi blm terinstal, untuk cek driver sudah terinstal apa belum bisa di cek lewat device manager

      Delete
  38. Mas. Yg tanda jangan di centangnya saya centang. Alhasil laptop ga bisa mendeteksi hotspot area, ada solusi?

    ReplyDelete
  39. malam mas notebook saya tdk bisa membaca sinyal wifi. saya coba instal ulang ke tempat servis pun etap tdk bisa. saya mencoba cara 1-4 yg mas perintahkan juga msh tdk terbaca mas. kira2 saya harus gimana?
    bila saya ke tempat sevis lagi kira2 saya harus meminta notebook saya untuk dibagaimanakan ya mas?
    saya tidak mengerti yang begini mas.

    ReplyDelete
  40. Makasih gan ane jd tenang abis berhasil nice info

    ReplyDelete
  41. saya memakai andromax mifi, jd bisa di koneksikan ke hp,tapi saya tidak bisa mengoneksikan ke laptop, katanya" A network cable is not properly plugged in or may be broken" mohon solusinya, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek dulu apakah driver wifi laptop sudah terinstall ? dan sudah posisi ON ?

      Delete
  42. gan laptop saya merk nya hp gan
    nah saya baru install ulang pke cd tapibkn bawaan gan
    nah ini sinyalwifi nya troubleshout mulu
    silangmerah
    dan tidak ada network adapternyagan gmna??
    mohon gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau network adapternya gk ada coba cek ke device manager caranya seperti ini https://imanjayoda.blogspot.co.id/2014/09/cara-mengetahui-jenis-driver-yang-belum.html jika ada tanda kuning seru dapat dipastikan driver wifi belum diinstal

      Delete
  43. TQ gan sangat membantu sekali...... terimakasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan laptop saya gak bisa mendeteksi wifi dirumah saya tapi wifi lain terdeteksi cuma wifi dirumah saya yang tidak terdeteksi, cara perbaikinya gmana gan ?. Saya coba pakai laptop lain, bisa terkoneksi dg lancar..

      Delete
    2. di rumah agan apakah terdapat lebih dari 1 akses point(wifi ?) jika iya coba akses point yang tidak terdeteksi di laptop agan di ganti channelnya dari automatic ke channel 1 atau channel yang lain dengan cara masuk ke settingan aksespoint / routernya

      Delete
  44. Gan, kok network adapter saya hanya bluetooth device doanv ya? Jadi klo ada modem/hotspot nyala gk Ke deteksi, mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu artinya laptop agan belum diinstal driver wifinya

      Delete
  45. Gan dari step pertama ke control panel aja udah ga ada pilihan untuk turn on wifi. Gumana itu ga? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakeknya windows apa? waktu di control panel di ubah dulu dari category ke large icons kemudian pilih windows mobility center nah disitu nanti ada pilihan turn on/off wifi

      Delete
    2. Windows7, icon yang lain muncul tapi wifi ga muncul. Itu kenapa ya, apa mesti install dulu? Apa gimana ya? Tq gan

      Delete
    3. Windows7, apa itu tandanya kita belum install wifi atau lan?

      Delete
    4. tanda driver wifi sudah terinstal atau belum bisa dilihat di netwok connections kalau sudah diinstal maka akan terlihat wireless network connection yang ada tanda sinyal seperti gambar berikut gambar

      Delete
  46. Ini ko gk bisa di klik y wireless network nya ?

    ReplyDelete
  47. Ini ko gk bisa di klik y wireless network nya ?

    ReplyDelete
  48. makasih banget gan buat infonya , ane jadi terbantu sekali :) sekali lagi makasih gan

    ReplyDelete
  49. Sangat membantu.
    Terima kasih buat infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mbak, terima kasih jg atas kunjunganya :)

      Delete
  50. Ngebantu banget nget nget, Makasih gan

    ReplyDelete
  51. untuk Lenovo G460
    aku juga pernah mengalami hal seperti kalian. masalah yang sy punya itu wireless network nya silang terus padahal hotspot/wifi sudah siap, jaringan gak lelet. dan parahnya lagi wireless network aku nggak bisa di on/off, kan horor jadinya. sudah disable sana sini , di uninstall sana sini, periksa network adapter nya masih posisi normal. pada network adapter nya juga masih dalam keadaan properly. pokoknya normal deh, tapi tetap silang terus wireless nya. dan masalahnya terdapat pada saklar yang OFF tepatnya di bawah kiri kursor ,pastikan saklarnya berada di kanan. tadaa akhirnya wireless nya bagus lagi deeh..

    ReplyDelete
  52. terimakasih banyak atas infonya .. sukses terus ..

    ReplyDelete
  53. Laptop saya acer 4738 kenapa sinyal wifi tidak ada. Saya cek d device manager tidak terinstal padahal saya liat di control panel unistal. Sudah terdeteksi. Mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba instal ulang drivernya mas izoel, kalo udah pastikan di bagian network connection itu ada driver wifinya seperti digambar ini

      Delete
  54. makasih banyak.., sangat membantu :)

    ReplyDelete
  55. makasih banyak.., sangat membantu

    ReplyDelete
  56. Bang minta solusi nya dong
    Laptop saya Hp pavilion sleekbook 14 pc b013tx , win 8
    Saya sudah update dan instal driver wifi semua nya .
    Masalah nya wifi saya kalo sinyal nya 3 - 1 , itu ga bisa konek atau " cant connect to this network ", tp klo full ato deket AP nya baru bisa . Dan itu saya alami cuma di AP zte rumah ane .
    Lepi adek ane bisa tuh konek ke wifi nya mskipun sinyal 1 pun , tp kalo saya ga bisa .
    Mohin pencerahan nya dong bang.
    Wifi udh iduo , cara apapun udh ane lakuin kecuali yg bongkar" daleman :'v

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin itu bawaan dari adapter wifinya gan kan setiap laptop adapter wifinya beda merk dan beda jg spesifikasinya

      Delete
  57. Gan Maaf menganggu, ane mau nanya.. Wifi laptop ane bisa cuma sering mati sendiri. pas di trobleeshoot bgni bunyinya 'a network cable is not properly plugged in or may be broken' eh bisa lagi tpi tetep keulang lagi mati sendiri trus bisa lagi. setrusnya aja bgtu.. ada solusinya gan?
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pake hotspot yang lain gan yang sinyalnya good atau excellent, terus kalau wifi sering disconect penyebabnya selain sinyal yang lemah juga bandwith yang dipake hotspot sudah penuh

      Delete
  58. cara no 3 berhasil gan di laptop ana, tapi stlah bbrpa saat tu wifi ilang lagi, dan harus di atur lagi, itu knpa ya gan, mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin wifinya belum sobat aktifkan biasanya untuk mengakifkan wifi ada 2 cara yaitu memakai tombol fingsi yg ada di keyboard dan menggunakan saklar yang ada di body laptop

      Delete
  59. Gan laptop ane habis install ulang windows 8 kok sekarang wifi nya jadi "No network Found" ya,itu gimana solusinya ? terimakasih

    ReplyDelete
  60. Gan Laptop ane setelah install ulang Windows 8 kok wifi nya jadi "No network found" ya,itu gimana solusinya ? terimakasih

    ReplyDelete
  61. Wadoh Ini Parah Gan... di Windows Mobility Centernya gak ada turn on wifi, gambarnya aja gak ada. Hedeh. Gmna ni gan tolong pencerahannya. Ane pake :Aspire 4739

    ReplyDelete
  62. terimakasih sangat bermanfaat gan :)

    ReplyDelete
  63. Laptop sy merk hp 1000, bisa deteksi wifi d tempat lain tp anehnya tdk bs deteksi hotspot yg sekitaran kost, bgtu cb pke hotspot seluler malah kedeteksi. Solusinya bagaimana yah? Tq anyway

    ReplyDelete
  64. Selamat siang mas Iman, saya punya pc (pake wireless lan card, karena mobo di pc saya gak ada wifi adapter bawaan) sama laptop saya coba konek ke wifi kost, yang laptop bisa kedeteksi wifinya tapi kok yang pc gak kedeteksi ya? Padahal dulunya itu bisa dan gak ada masalah, saya udah coba cara di atas masih belum bisa tuh mas.. gimana ya mas kira kira?
    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas update driver wirelesnya yg di pc mas, dan pastikan berstatus enabled

      Delete
  65. Terima kasih gan atas postingannya. Sangat bermanfaat banget, dan work pada step terakhir... thanks

    ReplyDelete
  66. Terimasih gan atas postingannya sangat bermanfaat banget dan sy berhasil pada step ke 4. It works man thanks..

    ReplyDelete
  67. Laptop saya di network connection hanya ada lan saja tidak ada wireless gmana ya perbaikinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. laptopnya support wifi apa gak? kalau support berarti driver wifinya belum diinstal, jadi solusinya instal driver wifi

      Delete
  68. alhamdulilah saya berhasil mastah, terimakasih banget. cara terakhir itu emang ampuh dicoba aja bagi yang belum bisa pake cara yang sebelumnya

    ReplyDelete
  69. Gan, kok laptop punya saya gak ada tulisan seperti tahap ke 4 "Realtek....." itu di laptop saya gak ada. Gimana gan???

    ReplyDelete
  70. Gan kok laptop punya saya gak ada tulisan seperti tahap ke 4 "Realtek....." itu endak ada. Gimana gan solusinya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. driver wifi itu beda2 mas kebetulan di laptop saya merknya realtek,mas bisa cek di network adapternya seperti gambar ini

      Delete
  71. kak tadi pagi aku baru pake wifi di mcd gitu bisa terus laptop tak matikan tak bawa pulang, aku nyalain hotspot hp aku biasanya langsung kedeteksi ini gabisa deteksi dang nangkep hotspot hp ku

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek wifi di laptop sudah on belum? kalau udah on tapi belum bisa mendeteksi sinyal dari teathering coba nama ssid teatheringnya diganti dulu mbak

      Delete
  72. gan laptop ane wirelessnya teruniinstal alhasil muncul tanda silang merah itu cara ngatasinnya gmna yach gan..mhon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. instal lagi drivernya biar gampang pake driverpack aja

      Delete
  73. gan ane udah download driver pack nya tapi tetep gak bisa , laptop ane HP 431

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba agan download disini sesuaikan juga sama jenis Operating systemnya

      Delete
  74. Min mau tanya ini udah aku instal ulang tp gak bisa terinstal gimana ya min solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. drivernya tidak cocok mungkin coba pake driver pack aja

      Delete
  75. Work gaan pake cara yang keempat, thankyou

    ReplyDelete
  76. nanya gan, laptop saya pernah terkoneksi dengan hotspot A dan B, tiba2 hotspot A tidak terdeteksi lagi, namun masih bisa mendeteksi hotspot B, dengan catatan hotspot A ini masih aktif dan bisa terkoneksi dengan laptop lain. mohon bantuannya... terimakasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa penyebab mas, salah satunya yang pernah saya alami yaitu settingan channel pada akses point tidak sesuai sehingga di laptop kita tidak muncul sinyalnya tapi di laptop lain muncul sinyalnya (itu dari sisi akses pointnya yg bermasalah) kalau dari sisi laptop mungkin tergantung wifi adapternya jg kadang jangkauan sinyalnya ada yang dekat ada yang jauh

      Delete
  77. Mas.saya centang delete the drivers software for this device.itu gimana solusinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. solusinya instal ulang driver yang di delete

      Delete
  78. Gan wifi sy ga bisa baca koneksi...mohon bantuanya

    ReplyDelete
  79. gan lptop saya tidak menerima sinyal wifi di kosan tapi kalo hotspot dari hp bisa udah nyoba cara diatas berkali dan berbagai cara udah saya coba

    ReplyDelete
  80. Gan laptop saya Acer aspire 4752, driver wifinya gg mau diinstal gan, selalu muncul "The device may not be present or could have been ejected/unplugged from the system". Insert or Reinsert now?." Padahal saya instal driver bawaannya gan, mohon bantuannya gan

    ReplyDelete
  81. Gan, laptop ane Acer aspire 4752 gan, driver wifinya gg mau diinstal gan, pdhal sdh memakai driver bawaan gan, selalu muncul "The device may not be present or could have been ejected/unplugged from the system". Insert or Reinsert now?." Pas ane instal gan, mohon bantuannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sebelumnya habis instal ulang laptop ? atau sudah ada drivernya agan instal lagi/ di tumpuk?

      Delete
  82. gan, kalau keluar kata-kata ini "A network cable is not properly plugged in or may be broken", berarti ada driver yang hilangkan. jadi gimana cara mengistalnya dan apa nama drivernya trus download atw gimana?

    ReplyDelete
  83. Om saya mau tanya, kan saya biasa automatic connect sama wifi namanya kost 14 nah setelah itu tiba tiba kost 14 ga kedetek tapi yg ke detek malah kost 14 bawah (ada 2 nama wifi) nah sampe sekarang ga konek konek lagi ke wifi kost 14 itu gimana caranya ya om ? Nuhun

    ReplyDelete
  84. thanks gan pencerahannya. sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  85. Gan pencerahanya laptop ane BenQ joybook R31E Itu kenapa tanda silang merah nga mau ilang udah coba cara kaya gimana pun nga bisa gan ntar kalo nga keluar kata kata no wireless networks were found in range ntar ganti lagi suruh seting wereless zero nya ke mode automatic tapi giliran udah di set ke mode automatic keluar lagi deh kata kata kaya gitu pencerahanya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan pake windows XP ? sudah dipastikan wifi aktif ? coba lakukan update driver wifi

      Delete
  86. trimakasih banyak ya sobat.berkat pencerhan dari mu laktop ana bisa kembali seperti semula..

    ReplyDelete
  87. Saya udh coba smw langkah, kecuali langkah ke5. Tp di langkah ke2, icon "turn wireless on" nya disable (ga bisa diklik). Pdhal driver nya ada. Itu kenapa ya gan? Mohon petunjuk. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kalau di lagkah ke 2 disable tidak mau di klik brti wifi masih off, caranya pake tombol kombinasi Fn + tombol bergambar ikon wifi pada keyboard atau cari saklar yang ada di bagian body laptop.

      Delete
    2. gan laptop ane punya masalah sama denga agan dicky. tetep gak bisa gan padahal uda sesuai dengan petunjuk agan euy. kira-kira knapa ya gan? icon "turn wireless on" nya disable tetep ga bisa diklik

      Delete
    3. coba cek driver wifi apakah sudah terinstal? kemudian gunakan tombol Fn+F3 / yg bergambar wifi untuk mengaktifkan lihat gambar keyboard jika belum aktif tekan sampai 2 kali sampai sinyal muncul atau coba cek body laptop apakah ada saklar untuk mengaktifkan wifi lihat gambar ini

      Delete
    4. atau coba pake cara yg kelima dengan melepas adapter wifi kemudian dipasangkan lagi

      Delete
  88. Bro, di laptop saya cuma ada Realtek PCIe FE Family Controller, ga ada broadcam 802.11n network adapter. Jadi gimana dong? :(

    ReplyDelete
  89. Bro berguna artikelnya nih, makasih berat ya, moga tambah sukses

    ReplyDelete
  90. Min saya mau tanya, awalnya gpp laptop saya trs laptop saya gk bisa konek wifinya tapi selang beberapa menit akhirnya bisa.. Tapi bsknya itu sama sekali gk nyambung wifi kenapa ya min? Saya udh nyobain step 1-4 ttp gk bisa. Dan di windows mobility centernya ada wireless network tapi tombol 'turn wireless on' itu gk bisa di klik. Mohon bantuannya min :g terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau turn wireless on gk bisa diklik dan tanda silang itu di pastikan wifi blm aktif dan cara mengaktifkannya menggunakan tombol kombinasi pada keyboard / saklar yang ada di body laptop coba lihat gambar berikut gambar

      Delete
  91. Tolong dong gan.. udah di coba caranya tapi tetap ga bisa dan ada bacaan "a network cable is not properly plugged in or may be broken" solusinya dong gan

    ReplyDelete
  92. min laptop adik saya gak bisa mendeteksi jaringan wifi dikosan nya, padahal kalo coba thetering dari hape bisa terdeteksi & nyambung..udah saya coba uninstall driver wifinya tapi masih belum terdeteksi si access point nya..kira2 ini problemnya dimana yh? soal nya temen sekosan ny bisa konek ke wifi kosan

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pernah saya alami kasus tersebut, wifi theatering bisa konek tapi wifi hotspot tidak terdeteksi ini penyebabnya adalah pada settingan channel akses point /hotspot yang belum sesuai, pada jenis laptop tertentu memang ada yang tidak bisa terdetaksi contohnya netbook asus, jadi channel wifinya harus di rubah dulu(jangan otomatis) baru bisa tedeteksi, semoga membantu

      Delete
  93. Gan saya udah ikutin langkahnya tetapi jadi tidak bisa mencari wifi. Adapter broadcom 802.11n network adapter tidak bisa enabled. Disabled terus. Itu bagaimana gan?

    ReplyDelete
  94. Gan saya sudah mengikuti prosedur diatas tetapi jadi tidak bisa mencari wifi. Broadcom 802.11n network adapter jadi tidak mau enabled. Disabled terus. Bagaimana solusinya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pada windows mobility center wifi tidak mau ON, solusinya cek saklar wifi sudah posisi on belum? bisa menggunakan tombol fungsi+F3 atau saklar yg ada di body,
      tetapi jika pada network adapter yang tidak bisa enabled solusinya hapus semua profil wifi pada manage wireless network, jika belum berhasil juga instal ulang driver wifinya

      Delete
  95. Berhasil setelah langkah ke..... 4. Akhirnyaa!! Thanks a lot bang!!

    ReplyDelete
  96. mantap gan. sekarang sudah bagus lagi. Post terus ilmunya gan

    ReplyDelete
  97. Makasihhh gann sarannya sangat membantu
    Alhamdulillah laptop saya kembali sprti sedia kala

    ReplyDelete
  98. Buat agan yang bikin share di sini Terima kasih gan ^^ (sukses selalu)

    ReplyDelete
  99. Netbook saya pas diconect ke wifi bisa ms tp tiba tiba ilang semua wifi yg ada trus sya trobleshooting muncul lagi saya sambungkn gtu lagi. Dan sudah saya instal kmbli wifi adapter nya tp msih utuh ms gmna solusi ny apa harus dibongkar juga ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba agan hapus dulu semua profil wifi yang ada

      Delete
  100. Gan kalo "plug an ethernet cable into this computer" gimana ya?
    Mohon bantuannya makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu artinya komputer belum di sambungkan ke hotspot

      Delete
  101. Min kalau gk ada wirelless off nya gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di windows mobility center wireless tidak bisa di ON langkah langkahnya cek skalar wifi di body laptop(kalo ada) atau gunakan kombinasi tombol Fn+F3(untuk laptop acer) atau enable wifi lewat adapter setings. Kalau gk ada semua coba cek driver wifinya brngkali belum terinstal

      Delete
    2. Saya sudah coba semua langkah2nya, tapi tidak bisa, cuma saat instal untuk wireless di driver packnya gak terdeteksi untuk wirelessnya

      Delete
    3. coba agan cek di device manager lalu cek apakah ada network controller yang masih tanda kuning? kalau ada berarti drivernya yang belum diinstal tapi kalau tidak ada network controller itu tandanya adapter wifinya tidak terdeteksi di komputer

      Delete
  102. Gan
    Laptop saya udah di instal ulang, terus mau instal driver pack untuk wirelessnya, tapi gak bisa. Udah coba cari di google driver wireless, tapi gak bisa juga. Kata teman saya, mungkin laptop saya yg bermasalah. Kira2 apanya yg bermasalah gan?

    ReplyDelete

Berkomentarlah Dengan Baik Dan Sopan
Segala Komentar Yang Masuk Akan Dimoderasi Dahulu Sebelum Ditampilkan